Tuesday, November 12, 2013

Manfaat Kolang-kaling



Sahabat...

Sejak sekitar tahun 2006 tulang pinggang saya terasa sakit. Duduk lama akan terasa sakit, berdiri lama sakit...terlebih saat menggendong anak dan saat tidur tengkurap. Sekitar dua bulan lalu saya makan kolang kaling secara rutin, 10 buah tiap hari. Puji TUHAN, setelah beberapa hari rasa sakit berkurang dan saat ini hampir-hampir tak ada lagi rasa sakit di pinggang. Ibu mertua juga makan, tadinya jari-jarinya susah dan agak sakit bila digerakkan. Saat ini, jauh lebih baik.

Tadi pagi Bapak Frederik S. Waworuntu menuliskan kalimat di bawah ini pada saya :

"Manfaat Kolang-Kaling (bel: Glibbertjes) sudah diteliti oleh peneliti Belanda sejak zaman penjajahan dulu. Mereka tertarik karena dipedesaan Indonesia rata-rata orang tua sering mengkonsumsi buah atap ini dan mereka jarang mempunyai masalah tulang.

Rata-rata masalah pada orang tua adalah proses penuaan jaringan ikat yang dibangun oleh kolagen yang terdapat pada kulit, otot, tulang, rambut, kuku. Kolang kaling mengandung gelatin yang dapat dicerna oleh tubuh untuk mensintesa kolagen.

Kolang kaling juga mengandung Albumin yang adalah protein plasma tubuh kita yg mencapai 60%. Kolang kaling mengandung serat untuk membantu pencernaan bekerjasama dengan gelatin dan mineral kalium, kalsium, fosfor dan besi yang dikandungnya."

Wow, luar biasa TUHAN yang sudah menciptakan buah ajaib kolang kaling. Seharusnya saya operasi dan menghabiskan banyak uang. Dokter bilang penyakit saya adalah HNP atau saraf kejepit. Saya sangat TERBERKATI, untuk itu saya membagikannya pada Anda yang belum pernah mencoba...daripada buang uang di RS, lebih baik kita investasikan dana Anda untuk menaman padi hitam atau pohon aren...hahaha.

Saya bagikan juga artikel bermanfaat di bawah ini. Semoga berguna.

"Manfaat Kolang-Kaling"
Sumber: Khasiat Kuat Kolang-Kaling. Trubus Edisi 512 Juli 2012/XLIII halaman 62-65

Siapa yang tidak mengenal buah kolang-kaling? Buah yang dihasilkan dari pohon aren ini sudah banyak tersebar di seluruh nusantara dan Salah satu binatang MOnYET yang memakanya,mungkin  agar monyet tidak sakit pinggang/tulang-tulangnya kuat bergelantungan di atas pohon. Sungguh ajaib ciptaan TUHAN. Banyak dijumpai di pasar tradisional maupun pasar modern. Buahnya berbentuk lonjong, bewarna putih bening dengan tekstur padat, lunak, dan kenyal. Buah ini banyak diolah sebagai manisan, campuran es buah atau dimasak bersama kolak. Buah yang mendadak banyak dijumpai ketika bulan puasa ini ternyata memiliki banyak khasiat dibalik kelezatannya ketika dimasak. Apa saja khasiat buah kolang-kaling, berikut ulasannya:

1. Mengatasi Radang Sendi

Penyakit radang sendi menyebabkan gejala sakit di lutut setelah berjalan beberapa menit atau ketika menaiki tangga. Tentu hal tersebut sangat menganggu aktivitas sehari-hari. Kolang-kaling dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk meredakan penyakit tersebut. Buah kolang-kaling dimasak dengan cara direbus tanpa menggunakan gula atau pewarna atau dapat juga dibuat manisan dengan menggunakan tambahan gula batu dan daun pandan atau jahe. Kolang-kaling rebus tersebut dapat dikonsumsi setiap hari sebagai camilan sebanyak 100-200 gram per hari.

Kolang-kaling mengandung 52,9% karbohidrat. Karbohidrat dalam daging kolang-kaling umumnya adalah galaktomannan. Dalam dunia farmasi galaktomannan ini menjadi bahan obat untuk beberapa jenis penyakit seperti radang sendi. Galaktomannan berefek analgesik atau pereda sakit sehingga dapat mengurangi rasa sakit pada radang sendi.

2. Melancarkan Pencernaan
Kandungan serat kasar dalam kolang-kaling mencapai 39%. Kandungan serat yang cukup tinggi ini baik untuk melancarkan pencernaan. Kandungan serat yang tinggi dan kandungan karbohidrat yang tinggi menjadikan kolang-kaling lebih lama di cerna dalam perut sehingga dapat menekan nafsu makan dan menyimpan energi lebih lama. Konsumsi kolang-kaling baik untuk orang yang sedang menjalankan diet.

3. Memperkuat Tulang dan Mencegah Osteoporosis

Banyak masyarakat mengkonsumsi susu sebagai sumber kalsium. Akan tetapi susu juga mengandung kalori yang tinggi sehingga dikhawatirkan bobot tubuh bertambah. Bila kegemukan terjadi maka sendi akan semakin sakit karena tulang tidak kuat menyangga tubuh. Kolang-kaling mengandung kalsium cukup tinggi sehingga baik untuk pertumbuhaan tulang. Dalam setiap 100 gr kolang-kaling mengandung 91 mg kalsium. Pada susu sapi murni, setiap 100 gr susu sapi murni mengandung 125 mg kalsium. Tingginya jumlah kalsium pada kolang-kaling ini dapat digunakan sebagai sumber kalsium alternatif selain susu.

----------

Mau hidup lebih sehat?
Mulai hari ini, makanlah 10 butir kolang kaling setiap hari. Baiknya makan di jam makan, jangan ngemil. Makan nasi hitam atau merah, minum air putih, tidur cepat dan bangun cepat, lebih banyak makan sayur dan buah, kurangi makanan hewani, olah raga cukup dan teratur, hindari makanan dan minuman adiktif termasuk rokok, banyak beramal dan selalulah BERSYUKUR.

Salam,


Sumber, FB. Elisa Sagala                                                             Pro.Dr. Manachem Begin Simbolon :-)


1 comment:

ssn said...

Megahria attep seeds adalah produk kolang kaling siap santap dari PT. Primafood Pangan Indonesia. Produk kami dapat dibeli di supermarket terdekat atau hub 0817429439

HTML Comment Box is loading you comments...